MENULIS SLOGAN SESUAI DENGAN KONTEKS

slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Berdasarkan pengertian ini, ada tiga ciri slogan. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut.

Perkataan/kalimatnya pendek

 
Slogan haruslah kalimat yang pendek, tujuannya agar mudah dibaca sambil lalu. Bayangkan saja jika slogan berupa satu paragraf apalagi satu artikel, tentu membutuhkan waktu khusus untuk membacanya.
Menarik/mencolok

Agar masyarakat tertarik membacanya, kalimat dan penampilan slogan harus menarik. Dengan kata lain, kalimat slogan harus indah dan persuasif, agar mendapat perhatian dari mayarakat sasaran.

Keindahan dicapai dengan berbagai cara, di antaranya dengan memanfaatkan persamaan bunyi pada kata-kata yang digunakan

Menarik/mencolok

Agar masyarakat tertarik membacanya, kalimat dan penampilan slogan harus menarik. Dengan kata lain, kalimat slogan harus indah dan persuasif, agar mendapat perhatian dari mayarakat sasaran.

Keindahan dicapai dengan berbagai cara, di antaranya dengan memanfaatkan persamaan bunyi pada kata-kata yang digunakan

Mudah diingat

Biasanya, slogan bermaksud memberitahukan sesuatu. Sesuatu tersebut biasanya berupa imbauan, bisa ajakan, bisa pula larangan. Agar imbauan tersebut mudah mengena, slogan haruslah mudah diingat. Akan lebih baik lagi jika sampai terngian-ngiang dalam pikiran seseorang. Dengan begitu, akan semakin besar kemungkinan yang bersangkutan mengikuti imbauan yang tertuang dalam slogan.

 

MENULIS SLOGAN SESUAI KONTEKS

 

Menulis slogan sesuai konteks, ibarat aktivitas menjodohkan. Untuk dapat menjodohkan sesuatu, tentu kita harus mencari kecocokan dan ketidakcocokan antara keduanya. Hasil analisis atas kecocokan dan ketidakcocokan itulah yang kemudian kita jadikan kesimpulan untuk menentukan apakah hal yang kita analisis tersebut berjodoh satu dengan yang lainnya.
 
Untuk menjawab soal tentang menentukan apakah sebuah kalimat adalah slogan yang sesuai ilustrasi (konteks) atau tidak, kita dapat menerapkan tiga langkah berikut.

  1. Slogan harus memiliki banyak kesamaan dengan ilustrasinya, kalau perlu sama persis
  2. Jika terjadi perbedaan, perbedaan tersebut tidak esensial sehingga bisa “dimaafkan”/diabaikan
  3. Jangan lupakan, slogan harus memenuhi syarat (1) pendek, (2) menarik/mencolok, dan (3) mudah diingat. Jadi, walaupun slogan yang disajikan sesuai dengan konteks, jika tidak memenuhi ketiga syarat ini, sebuah kalimat tidak layak untuk dikatakan sebagai slogan.
 
Pada soal menulis slogan sesuai konteks, kemungkinan akan disajikan teks ilustrasi. Kemudian, kita diminta untuk menentukan slogan yang cocok dengan ilustrasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s