MELENGKAPI SURAT PRIBADI/SURAT DINAS/SURAT PEMBACA

Surat pribadi

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri surat pribadi yaitu:
  1. Tidak menggunakan kop surat
  2. Tidak ada nomor surat
  3. Salam pembuka dan penutup bervariasi
  4. Penggunaan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis
  5. Format surat bebas

Surat Dinas

Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi.Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi.Ciri-ciri surat dinas:
  1. Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
  2. Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
  3. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku
  4. Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
  5. Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat
  6. Format surat tertentu

Surat Pembaca

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca  yang dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid, atau majalah yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain. Surat pembaca merupakan surat terbuka yang isinya dapat dibaca oleh siapa saja serta dapat  ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, atau organisasi. Karena surat pembaca ini ditujukan kepada  siapa saja, surat pembaca ini dapat dijadikan alat untuk melakukan perubahan dan  menyelesaikan permasalahan kemasyarakatan.
 
Biasanya surat pembaca ditulis berkaitan dengan kepentingan umum, misalnya, keluhan terhadap jalan  yang berlubang-lubang, operator telepon yang sering mengirimkan kuis, atau konsumen yang merasa dirugikan oleh perusahaan pengiriman barang yang telat mengantarkan pesanannya. Surat pembaca harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan ditulis  berdasarkan data dan fakta yang kuat, serta alasan yang meyakinkan.
 
Walaupun berisi tanggapan, kritik, saran atau keluhan, seorang penulis tidak perlu takut  untuk menulis surat pembaca dan mengirimkannya ke media massa. Hal ini dilakukan agar permasalahan dapat diselesaikan dan dapat dilakukan perubahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s