Ilmuan Temukan Planet Asing Baru

Seorang astronom Qatar dan ilmuwan di Pusat Harvard-Smithsonian untuk Astrofisika telah menemukan planet asing baru, yaitu Qatar-1b, lebih besar dari Jupiter.

Imuwan Temukan Planet Asing Baru
Imuwan Temukan Planet Asing Baru

Planet, milik keluarga “Jupiter panas”, tengah mengorbit bintang oranye Type K 550 tahun cahaya dan 2,2 juta kilometer dari bintangnya, hanya enam jari-jari bintang jauhnya.

Qatar-1b adalah raksasa gas 20 persen lebih besar dari Jupiter dengan diameter dan 10 persen lebih besar dan seperti daging panggang pada suhu sekitar 2.000 derajat Fahrenheit.

Qatar-1b mengelilingi bintangnya setiap 1,4 hari, artinya “Tahunnya” hanya 34 jam panjang. Ini diperkirakan akan secara pasang surut dikunci dengan bintang, jadi satu sisi planet ini selalu menghadap bintang. Akibatnya, planet berputar pada porosnya sekali setiap 34 jam, tiga kali lebih lambat dari Jupiter, yang berputar sekali dalam 10 jam.

“Penemuan Qatar-1b merupakan prestasi besar yang lebih menunjukkan komitmen Qatar untuk menjadi pemimpin dalam ilmu pengetahuan yang inovatif dan penelitian,” kata Khalid Al Subai, pemimpin survei planet ekstrasurya dari Direktur Yayasan Qatar untuk Pendidikan , Ilmu dan Pengembangan Masyarakat.

“Penemuan ini menandai awal dari era baru penelitian astrofisika kolaborasi antara Qatar, Inggris, dan Amerika Serikat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s