Ditemukan 50 Spesies Baru di Laut Indonesia

Tim ekspedisi gabungan Indonesia – Amerika Serikat (AS) dalam tiga pekan berhasil menemukan puluhan spesies tanaman dan hewan di bawah laut nusantara. Rupa spesies-spesies yang belum pernah terlihat itu diabadikan dalam kamera video dan foto.

Menggunakan kapal Okeanos Explorer dari AS dan Baruna Jaya IV dari Indonesia, tim ekspedisi telah mengakhiri misi pada 14 Agustus lalu. Setelah melihat sejumlah foto dan rekaman video, Kamis 26 Agustus 2010, tim peneliti memperkirakan bahwa sedikitnya ada 50 spesies tanaman dan hewan yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Para ilmuwan pun terkesan dengan penemuan ini dan mengakui bahwa Indonesia memiliki kekayaan sumber laut yang luar biasa. “Selama berkarir sebagai peneliti saya hanya melihat beberapa spesies langka. Namun pada ekspedisi ini, saya terpukau melihat keberagaman spesies yang luar biasa,” kata Verena Tunnicliffe. profesor dari Universitas Victoria di Kanada setelah melihat sejumlah gambar yang direkam tim ekspedisi.

Timothy Shank dari Institut Oseanografi Woods Hole di Massachusetts mengungkapkan bahwa dia dan timnya berhasil merekam lebih dari 150.000 cuplikan rekaman video definisi tinggi.

“Saya merasa sedikitnya ada 40 spesies baru di karang laut dalam dan sedikitnya 50 spesies baru yang mirip dengan udang, kerang, sepon, remis, dan lain-lain,” kata Shank.

Namun, konfirmasi bahwa spesies itu benar-benar baru tampaknya membutuhkan penelitian lebih lanjut dan itu bisa memakan waktu bertahun-tahun. Tim ekspedisi menggunakan sistem pemetaan sonar yang canggih dan kendaraan robot untuk menjelajah dasar laut dalam seluas 54.000 kilometer per segi di perairan Sangihe Talaud, bagian utara Indonesia.

Kedalaman laut antara 240 meter hingga 1,6 kilometer. (Associated Press)

Berikut sejumlah yang diabadikan oleh tim dari kapal Okeanos Explorer milik Badan Kelautan AS yang dipublikasikan oleh kantor berita Associated Press

Spesies unik yang baru ditemukan di bawah laut Indonesia

Spesies unik yang baru ditemukan di bawah laut Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s