Universitas Palangkaraya Gelar Penelitian Berbasis “Agroforestry”

Kalangan peneliti yang tergabung dalam Lembaga Penelitian Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan penelitian pengelolaan lingkungan berkelanjutan berbasis agroforestryterhadap komoditi lokal di kawasan Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas.

Penelitian itu dilakukan bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Kebersihan Kabupaten Gunung Masa (Gumas), demikian keterangan dari Lembaga Penelitian Unpar, Jumat (28/8). Penelitian yang diketuai oleh Ir Merry Lidia MP tersebut bertujuan menciptakan pengelolaan lingkungan alam sebagai penyedia air dan udara berkualitas baik secara terus menerus.

Pengelolaan lingkungan yang baik diharapkan dapat menghasilkan solusi yang saling menguntungkan baik dari segi kesejahtraan petani, maupun jasa lingkungan yang menjadi hajat hidup masyarakat sekitarnya. Hasil penelitian ini adalah arahan pengelolaan lingkungan berkelanjutan berbasis agroforestry komoditi lokal kawasan Kuala Kurun, di Kabupaten Gunung Mas yang baru dimekarkan.

Ir Merry Lidia, seorang peneliti menyebutkan, ruang lingkup kegiatan ini mencakup wilayah Kecamatan Mihing Raya, Kecamatan Kurun, dan Kecamatan Tewah. Sementara ruang lingkup subtansi pada kegiatan ini adalah identifikasi potensi agroforestry komoditas lokal dalam mempertahankan produktivitas lahan, dan sekaligus memberikan perlindungan terhadap fungsi hidrologi kawasan Kuala Kurun.

Berdasarkan penelitian itu, dapat disimpulkan bahwa lokasi pengelolaan agroforestry di Kuala Kurun adalah sekitar hutan Sahai Munyang Lapak Jaru Kecamatan Kurun. Tanaman yang baik dikembangkan untuk mendukung pengelolaan lingkungan berbasis agroforestry ini adalah jelutung (jenis tanaman hutan), karet (tanaman perkebunan), pisang (buah-buahan) serta cabe (untuk jenis tanaman sayuran). Sementara itu, pilihan model dalam pengelolaannya adalah model agrisilvikultur.

One response to “Universitas Palangkaraya Gelar Penelitian Berbasis “Agroforestry”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s